Rabu, 04 Mei 2011

5 Rumus Ini Bikin Sehat Sepanjang Masa

Olahraga saja tak cukup membuat tubuh Anda sehat jika tak dibarengi dengan perilaku hidup sehat. Apa saja itu?

Kesehatan tak dicapai secara cuma-cuma. Butuh perjuangan dan berbagai aktivitas pendukung untuk meraih kesehatan yang nilainya sangat mahal tersebut. Untuk menggapainya, Anda pun perlu melakukan olahraga dan pola hidup sehat secara berkesinambungan dan menyeluruh. Berikut panduannya, seperti diulas HealthMeUp.

- Jika usia Anda di atas 30, sebaiknya lakukan cek kolesterol setidaknya setahun sekali. Dengan rutin melakukan pengecekan, Anda bisa mendapatkan gambaran lengkap tentang tingkat lipid Anda. Apalagi kolesterol sering tidak terdeteksi, karenanya Anda pun mesti tetap waspada.

- Berkomitmen untuk olahraga setiap hari. Sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan olahraga. Beberapa penelitian membuktikan bahwa olahraga menjadi cara paling efektif untuk memuluskan kesehatan jika dilakukan secara teratur. Karenanya, tetapkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk melakukan olahraga di sela-sela kesibukan Anda.

- Persiapkan nutrisi sehat sejak awal bulan. Buatlah catatan dari semua resep, vitamin, dan suplemen kesehatan yang Anda konsumsi tiap hari sehingga Anda memiliki persediaan cukup hingga akhir bulan. Kemudian pastikan bahwa Anda akan meminumnya setiap hari.

- Lakukan tidur siang. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan daya konsentrasi dan menjaga tingkat energi yang tinggi sepanjang hari. Sisihkan waktu untuk tidur sejenak, meskipun hanya di meja Anda karena terlalu disibukkan dengan pekerjaan. Walau hanya beberapa menit, sesi ini sangat efektif meminimalisir stres yang timbul.

- Isi teka-teki silang (TTS) di pagi hari. Pagi hari adalah waktu yang maksimal ketika konsentrasi belum terkontaminasi oleh berbagai hal. Cobalah untuk meningkatkan konsentrasi tersebut dengan bermain teka-teki silang di pagi hari. Cara ini sangat efektif untuk menyegarkan sekaligus meningkatkan konsentrasi otak Anda.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More